Slider

Video

Sneijder Dukung Hiddink ke Inter

 Getty ImagesWesley Sneidjer memberikan dukungan kepada Inter Milan untuk mendatangkan Guus Hiddink. Pengalaman yang dimiliki Hiddink dinilainya akan membawa keuntungan buat La Benemata.

Tak salah memang penilaian Sneijder terhadap manajer yang satu ini. Pria asal Belanda ini kerap mendatangkan sukses buat tim yang ditukanginya.

Di tingkat klub, PSV Eindhoven enam kali dibawanya menjuarai Eredivisie, plus Piala Belanda empat kali dan satu gelar Liga Champions. Demikian pula dengan Real Madrid yang sukses dia antar jadi juara Piala Interkontinental pada 1998.

Chelsea pun yang hanya tiga bulan dia latih sempat diantar Hiddink memenangi Piala FA pada tahun 2009.

Di level timnas, Hiddink memang tidak banyak menangani tim besar, hanya Belanda yang pernah ia tangani pada 1994-1998. Namun, prestasinya membawa tim-tim 'kelas menengah' macam Australia dan Rusia cukup mengesankan.

Ia meloloskan Socceroos dari fase grup Piala Dunia 2006 dan membawa Rusia melangkah hingga semifinal Piala Eropa 2008 sebelum akhirnya mundur karena kontraknya habis.

Prestasi terbaik Hiddink adalah ketika menangani Korea Selatan pada 2000-2002. Di bawah tangan dinginnya, tim negeri ginseng tersebut mampu finis di tempat keempat Piala Dunia 2002. Sesuatu yang luar biasa bagi Korsel yang tidak diperhitungkan sebelumnya.

Sederet fakta tersebut rupanya bikin Sneijder yakin dengan Hiddink. Mantan pemain Real Madrid itu percaya pelatih yang juga berasal dari Belanda itu bisa melanjutkan sukses yang dicapai Mourinho.

"Mereka (Hiddink dan Mourinho) memiliki motivasi yang besar. Tapi yang terpenting adalah cara mereka menangani aspek teknis, menanamkan banyak keberanian kepada para pemain mereka," tukas pemilik tendangan bebas mematikan itu kepada Corriere dello Sport.

"Dia adalah orang yang kaya pengalaman. Dia belajar itu di Real Madrid dan Chelsea dan kami tidak boleh lupa bahwa dia telah memenangi segalanya di PSV pada 1988. Dia akan sukses di Inter," tambah Sneijder.
(dtc/krs)

0 komentar:

In Pictures, Images and Photos

ShoutMix chat widget